POP INDONESIA

                    INSTRUMENTALIA  KENNY  G.

KARYA TULIS  PKP  ANGKATAN II TAHUN  2024

PENINGKATAN KETRAMPILAN MASYARAKAT DALAM MENGOLAH SAMPAH MELALUI BARAYA LARIS DICARI (PEMBERDAYAAN SIRKULAR EKONOMI SAMPAH) DI KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN SUKABUMI

Penyusun :   ALIS SUGIANTI, SE,. M.Si.

OPD :   Dinas Lingungan Hidup Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Inovasi yang dibuat dalam aksi perubahan adalah peningkatan ketrampilan masyarakat dalam mengolah sampah melalui BARAYA LARIS DICARI  (pemberdayaan sirkular ekonomi sampah) di Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi, yang dilaksanakan sebagai salah satu terosan untuk meningkatkan peran dan partisipasi dalam mengelola sampah sekaligus upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat pada bank sampah

BACA & DOWNLOAD klik disini

OPTIMALISASI PENGUKURAN TINGKAT GEMAR MEMBACA MASYARAKAT (TGM) MELALUI APLIKASI PENGUKURAN TGM  SECARA MANDIRI DI KABUPATEN SUKABUMI


Penyusun :   DEDI MULYADI

OPD :   Dinas Arsip dan Perpustakaan  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Budaya literasi menjadi dimensi dalam indeks pembangunan kebudayaan pada RPJMN Tahun 2020-2024. Hal ini menunjukkan bahwa budaya literasi berkontribusi dalam pengembangan kebudayaan untuk mewujudkan masyarakat berpengetahuan dan berkarakter. Perkembangan literasi masyarakat sangat bergantung kepada kegemaran membaca masyarakat. 

BACA & DOWNLOAD klik disini

PENGELOLAAN DOKUMENTASI SURAT PERINTAH DISPOSISI SECARA ELEKTRONIK DI BAPPELITBANGDA KABUPATEN SUKABUMI

Penyusun :   Rizki Prahana, S.E.

OPD :   Bapelitbangda  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Aksi Perubahan Kinerja Pelayanan Publik ini adalah meningkatkan pengelolaan arsip elektronik, yaitu pendokumentasian surat perintah disposisi secara elektronik di lingkungan Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi, untuk memudahkan sistem pengarsipan secara terstruktur sebagaimana prinsip pengarsipan naskah dinas. 

BACA & DOWNLOAD klik disini

OPTIMALISASI PENGELOLAAN ALAT BERAT MELALUI TARABENDU (TATA KELOLARUANGBENGKELTERPADU) DIUPTD ALAT BERAT DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATENSUKABUMI

Penyusun :   NANDANGRUSMANA, S.Sos.

OPD :   Dinas Pekerjaan Umum  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Dalam rangka memecahkan masalah Pengelolaan Alat Berat Penulis membuat gagasan  inovasi TARA BENDU (Penataan Ruang Bengkel Terpadu), yakni  upaya melakukan pemeliharaan, perbaikan, penertiban, dan peyempurnaan tata letak alat-alat perbengkelan pada ruang kerja sebagai fasilitas penunjang kinerja alat berat.  Inovasi ini dapat memberi nilai tambah bagi Kinerja UPTD Alat Berat  Dinas PU Kabupaten Sukabumi, terutama dalam mencapai Indikator  Kinerja Utama (IKU) Layanan Alat Berat. Inovasi ini dapat direplika atau diadaptasi oleh instasi/perangkat daerah lainnya, karena mudah dilakukan dan dapat berkelanjutan.

BACA & DOWNLOAD klik disini

PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN MELALUI REMEMBER (REKAM MEDIS ELEKTRONIK BERKESINAMBUNGAN) DI UPTD PKM SURADE KABUPATEN SUKABUMI

Penyusun :   IYUS WANDI, S,Kep.

OPD :   Dinas Kesehatan  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Rekam Medis Elektronik merupakan salah satu subsistem dari sistem informasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang terhubung dengan subsistem informasi lainnya di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.  Sistem Elektronik mengacu kepada variabel dan meta data yang merupakan elemen data yang terdapat pada Sistem Elektronik Rekam Medis Elektronik,  meliputi definisi, format, dan kodifikasi.  Inovasi dalam rancangan aksi perubahan yang dilaksanakan Penulis, dapat memberi nilai tambah bagi Dinas Keseatan, berupa peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU). Inovasi ini dapat direplika atau diadaptasi oleh UPTD PKM lain, mudah dilakukan dan dapat berkelanjutan serta seuai dengan nilai

nilai PASTI  yakni : Profesional, Akuntabel, Sinkron, Transfaran dan Informatif.

BACA & DOWNLOAD klik disini

OPTIMALISASI PENGAJUAN BANTUAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) BIDANG PENDIDIKAN

Penyusun :   ZETTA NUSANTARA PUTRA, SE.

OPD :   Dinas Pendidikan  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Pengajuan bantuan DAK Bidang Pendidikan ini ternyata tidak semulus yang diharapkan. Dari 2021 hingga 2024, selisih atau penolakan ajuan bantuan DAK Bidang Pendidikan ini cukup tinggi. Setelah dianalisa, ternyata ada beberapa penyebab yang membuat tingkat penerimaan DAK Bidang Pendidikan ini rendah, di antaranya adalah kurang siapnya sekolah dalam memenuhi persyaratan yang diminta oleh Kementrian. Untuk itu, diajukan inovasi aksi perubahan untuk mengatasi hal ini.

BACA & DOWNLOAD klik disini

PENGELOLAAN ARSIP SURAT MASUK DAN KELUAR MELALUI DIGITALISASI ARSIP PUSKESMAS (SI-ARPUS) DI LINGKUNGAN UPTD PKM CICANTAYAN KABUPATEN SUKABUMI

Penyusun :   KIKIH SUHENDAR, SP.

OPD :   Dinas Kesehatan  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Dalam rangka memecahkan masalah belum dilakukan tata kelola arsip surat masuk dan surat keluar secara digital, Team Leader membuat inovasi "Digitalisasi Arsip Puskesmas (SI-ARPUS)". Terobosan inovasi ini merubah pengarsipan dari manual dengan sistem berbasis teknologi komputerisasi. Melalui proses pengasipan menggunakan Digitalisasi Arsip Puskesmas (SI-ARPUS) akan mempercepat proses mengarsipkan surat masuk dan surat keluar. Melalui proses pengasipan menggunakan (SI-ARPUS) akan mempercepat proses mengarsipkan surat masuk dan surat keluar.

BACA & DOWNLOAD klik disini

INTENSIFIKASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN MELALUI SI-INTAN (REKONSILIASI INTERNAL RUTIN) DI DINAS KETAHANAN PANGAN KABUPATEN SUKABUMI

Penyusun :   NASRUDIN, SE.

OPD :   Dinas Ketahanan Pangan  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Inovasi dalam aksi perubahan ini sesuai hasil diagnosa organisasi, adalah "SI-INTAN" (REKONSILIASI INTERNAL RUTIN) yakni cara mencocokan data keuangan, berupa penerimaan dan pengeluaran sesuai penggunaan dan pemanfaatan sesuai ketentuan yang berlaku. Rekonsiliasi adalah upaya membandingkan antara rencana dengan realisasi masukan (input), keluaran (output), dan hasil (outcome) dengan menggunakan standar. 

BACA & DOWNLOAD klik disini

OPTIMALISASI PENGELOLAAN DATA DAN INFORMASI KEPEGAWAIAN UPTD RSUD PALABUHANRATU MELALUI APLIKASI “SIDAT RATU” (SISTEM INFORMASI DAN DATA KEPEGAWAIAN RSUD PALABUHANRATU) 

Penyusun :   NETI SULASTINI, SKM.

OPD :   Dinas Kesehatan  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Keunggulan dari sistem informasi yang diusulkan yaitu mampu membantu dan mempermudah tugas bagian pengelola pegawai dalam menangani masalah kepegawai terutama proses pembuatan pelaporan administratif kepegawaian seperti data pegawai absensi, jadwal shift, cuti, pegawai pensiun dan pegawai naik pangkat dan SKP pegawai. Serta memudahkan pegawai mengetahui informasi tentang data kepegawaian dikantor dinas tesebut. Sistem informasi ini juga menyediakan request untuk data cuti pegawai pertahunnya. 

BACA & DOWNLOAD klik disini

PENINGKATAN CAPAIAN INDIKATOR STANDAR PELAYANAN MINIMAL PUSKESMAS MELALUI INOVASI TRISULA

Penyusun :   dr. BAGUS JATISWARA

OPD :   Dinas Kesehatan  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Pelaksanaan kegiatan Inovasi ini mendekatkan layanan kepada sasaran beresiko HIV terutama ibu hamil pada wilayah yang jauh akses dari puskesmas dapat dilakukan dengan inovasi TRISULA (Triple elimination screening dan USG lengkapi Antenatal care) yaitu menggabungkan pemeriksaan triple elimination (HIV, sifilis, hepatitis) dengan pemeriksaan USG dan antenatal care di posyandu.

BACA & DOWNLOAD klik disini

OPTIMALISASI PROSES PERENCANAAN TEKNOKRATIS MELALUI E-TANY (Electronic Technocratic Agriculture oN Priority) PADA DINAS PERTANIAN KABUPATEN SUKABUMI

Penyusun :   Rilla Haeruliah, SP

OPD :   Dinas Pertanian  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

E-TANY merupakan aplikasi berbasis web tentang sistem pengusulan /pengajuan proposal kegiatan pertanian secara online dengan referensi lokasi prioritas berdasarkan rancangan teknokratis Dinas Pertanian. Aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai kelompok tani/ gapoktan di 47 Kecamatan 

yang dapat mengusulkan kegiatan pertanian, informasi mengenai pengembangan-pengembangan kawasan   subsector pertanian, informasi kegiatan infrastruktur pertanian, informasi kegiatan alat mesin pertanian dan data teknis setiap subsector pertanian.

BACA & DOWNLOAD klik disini

PENINGKATAN EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PELAYANAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM) MELALUI GOOGLE SITE DILAMPUAN (DIGITALISASI LAYANAN ADMINISTRASI MASYARAKAT TIDAK MAMPU KECAMATAN) DI KECAMATAN CICANTAYAN KABUPATEN SUKABUMI

Penyusun :   RINI INDRIANA, SPd., M.Pd.

OPD :   Kecamatan Cicantayan  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Keberhasilan penyelenggaraan pelayanan ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan secara terukur,yaitu membandingkan antara kinerja pelayanan dengan harapan masyarakat.Apabila kinerja dibawah harapan,maka masyarakat akan merasa tidak puas. Dalam rangka meningkatkan efektifitas layanan untuk mendukung peningkatan kualitas kinerja pelayanan maka perlu adanya Inovasi yang dapat mendukung Keadaan pelaksanaan pelayanan administrasi kebutuhkan masyarakat yang belum terlaksana secara efektif,mengacu pada visi–misi Kabupaten Sukabumi.

BACA & DOWNLOAD klik disini

PENATAAN ADMINISTRASI KEUANGAN MELALUI (DINER-DONASI) DIGITALISASI SCANNER DOKUMEN PERENCANAAN DAN EVALUASI ANGGARAN DI KECAMATAN CISOLOK KABUPATEN SUKABUMI

Penyusun :   WAHYU AGUSTIAN,SE.

OPD :   Kecamatan Cisolok  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Model database “Digitalisasi Scanner Dokumen Perencanaan Anggaran” (Diner- Donasi) yang dibuat secara digital ini memuat dokumen perencanaan dan evaluasi pada setiap tahunnya  dalam bentuk  scanner.  Inovasi yang dibuat dalam aksi perubahan ini adalah merupakan hasil adopsi dan adaptasi dari BPKAD Kabupaten Sukabumi. Hal ini memberikan kemudahan akses pencarian data/arsip  dokumen seluruh perencanaan dan evaluasi anggaran.

BACA & DOWNLOAD klik disini

PENINGKATAN TATA KELOLA DOKUMENTASI KINERJA KECAMATAN PALABUHANRATU MELALUI PUSAT INFORMASI DIGITAL PALABUHANRATU (PUNDI RATU)

Penyusun :   MAHBUBILLAH, S.Th.I, M.Si.

OPD :   Kecamatan Palabuhanratu  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

Pusat Informasi Digital Palabuhanratu (PUNDI RATU) hadir sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan dokumentasi kinerja Kecamatan Palabuhanratu. Dengan PUNDI RATU, setiap kegiatan, pencapaian, dan keputusan dapat dikumpulkan dan diarsipkan secara terpusat.  PUNDI RATU adalah sebuah aplikasi berbasis digital yang berfungsi sebagai Pusat Informasi Digital untuk tata kelola dokumentasi kinerja kecamatan.

BACA & DOWNLOAD klik disini

OPTIMALISASI PENGELOLAAN DATA KEPEGAWAIAN MELALUI SIKANDA (SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN PARUNGKUDA) DI KECAMATAN PARUNGKUDA

Penyusun :   ASMAWATI, SE., M.Si.

OPD :   Kecamatan Parungkuda  Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :  PKP Angkatan II Tahun 2024

EXTRACT :

SIKANDA (Sistem Informasi Kepegawaian Parungkuda) adalah sistem informasi yang dapat digunakan untuk memanajemen data kepegawaian yang berbasis Web, sehingga memudahkan dalam mengakses tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu, serta memudahkan dalam integrasi data dengan terbentuknya digitalisasi data administrasi pegawai yang akan memberikan kemudahan dalam penyajian informasi kepegawaian serta pelayanan hak-hak pegawai di Kecamatan Parungkuda.

BACA & DOWNLOAD klik disini