POP INDONESIA
INSTRUMENTALIA KENNY G.
KARYA TULIS PKP ANGKATAN II TAHUN 2024
PENINGKATAN KETRAMPILAN MASYARAKAT DALAM MENGOLAH SAMPAH MELALUI BARAYA LARIS DICARI (PEMBERDAYAAN SIRKULAR EKONOMI SAMPAH) DI KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN SUKABUMI
Penyusun : ALIS SUGIANTI, SE,. M.Si.
OPD : Dinas Lingungan Hidup Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Inovasi yang dibuat dalam aksi perubahan adalah peningkatan ketrampilan masyarakat dalam mengolah sampah melalui BARAYA LARIS DICARI (pemberdayaan sirkular ekonomi sampah) di Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi, yang dilaksanakan sebagai salah satu terosan untuk meningkatkan peran dan partisipasi dalam mengelola sampah sekaligus upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat pada bank sampah
OPTIMALISASI PENGUKURAN TINGKAT GEMAR MEMBACA MASYARAKAT (TGM) MELALUI APLIKASI PENGUKURAN TGM SECARA MANDIRI DI KABUPATEN SUKABUMI
Penyusun : DEDI MULYADI
OPD : Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Budaya literasi menjadi dimensi dalam indeks pembangunan kebudayaan pada RPJMN Tahun 2020-2024. Hal ini menunjukkan bahwa budaya literasi berkontribusi dalam pengembangan kebudayaan untuk mewujudkan masyarakat berpengetahuan dan berkarakter. Perkembangan literasi masyarakat sangat bergantung kepada kegemaran membaca masyarakat.
PENGELOLAAN DOKUMENTASI SURAT PERINTAH DISPOSISI SECARA ELEKTRONIK DI BAPPELITBANGDA KABUPATEN SUKABUMI
Penyusun : Rizki Prahana, S.E.
OPD : Bapelitbangda Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Aksi Perubahan Kinerja Pelayanan Publik ini adalah meningkatkan pengelolaan arsip elektronik, yaitu pendokumentasian surat perintah disposisi secara elektronik di lingkungan Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi, untuk memudahkan sistem pengarsipan secara terstruktur sebagaimana prinsip pengarsipan naskah dinas.
OPTIMALISASI PENGELOLAAN ALAT BERAT MELALUI TARABENDU (TATA KELOLARUANGBENGKELTERPADU) DIUPTD ALAT BERAT DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATENSUKABUMI
Penyusun : NANDANGRUSMANA, S.Sos.
OPD : Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Dalam rangka memecahkan masalah Pengelolaan Alat Berat Penulis membuat gagasan inovasi TARA BENDU (Penataan Ruang Bengkel Terpadu), yakni upaya melakukan pemeliharaan, perbaikan, penertiban, dan peyempurnaan tata letak alat-alat perbengkelan pada ruang kerja sebagai fasilitas penunjang kinerja alat berat. Inovasi ini dapat memberi nilai tambah bagi Kinerja UPTD Alat Berat Dinas PU Kabupaten Sukabumi, terutama dalam mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) Layanan Alat Berat. Inovasi ini dapat direplika atau diadaptasi oleh instasi/perangkat daerah lainnya, karena mudah dilakukan dan dapat berkelanjutan.
PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN MELALUI REMEMBER (REKAM MEDIS ELEKTRONIK BERKESINAMBUNGAN) DI UPTD PKM SURADE KABUPATEN SUKABUMI
Penyusun : IYUS WANDI, S,Kep.
OPD : Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Rekam Medis Elektronik merupakan salah satu subsistem dari sistem informasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang terhubung dengan subsistem informasi lainnya di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Sistem Elektronik mengacu kepada variabel dan meta data yang merupakan elemen data yang terdapat pada Sistem Elektronik Rekam Medis Elektronik, meliputi definisi, format, dan kodifikasi. Inovasi dalam rancangan aksi perubahan yang dilaksanakan Penulis, dapat memberi nilai tambah bagi Dinas Keseatan, berupa peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU). Inovasi ini dapat direplika atau diadaptasi oleh UPTD PKM lain, mudah dilakukan dan dapat berkelanjutan serta seuai dengan nilai
nilai PASTI yakni : Profesional, Akuntabel, Sinkron, Transfaran dan Informatif.
OPTIMALISASI PENGAJUAN BANTUAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) BIDANG PENDIDIKAN
Penyusun : ZETTA NUSANTARA PUTRA, SE.
OPD : Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Pengajuan bantuan DAK Bidang Pendidikan ini ternyata tidak semulus yang diharapkan. Dari 2021 hingga 2024, selisih atau penolakan ajuan bantuan DAK Bidang Pendidikan ini cukup tinggi. Setelah dianalisa, ternyata ada beberapa penyebab yang membuat tingkat penerimaan DAK Bidang Pendidikan ini rendah, di antaranya adalah kurang siapnya sekolah dalam memenuhi persyaratan yang diminta oleh Kementrian. Untuk itu, diajukan inovasi aksi perubahan untuk mengatasi hal ini.
PENGELOLAAN ARSIP SURAT MASUK DAN KELUAR MELALUI DIGITALISASI ARSIP PUSKESMAS (SI-ARPUS) DI LINGKUNGAN UPTD PKM CICANTAYAN KABUPATEN SUKABUMI
Penyusun : KIKIH SUHENDAR, SP.
OPD : Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Dalam rangka memecahkan masalah belum dilakukan tata kelola arsip surat masuk dan surat keluar secara digital, Team Leader membuat inovasi "Digitalisasi Arsip Puskesmas (SI-ARPUS)". Terobosan inovasi ini merubah pengarsipan dari manual dengan sistem berbasis teknologi komputerisasi. Melalui proses pengasipan menggunakan Digitalisasi Arsip Puskesmas (SI-ARPUS) akan mempercepat proses mengarsipkan surat masuk dan surat keluar. Melalui proses pengasipan menggunakan (SI-ARPUS) akan mempercepat proses mengarsipkan surat masuk dan surat keluar.
INTENSIFIKASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN MELALUI SI-INTAN (REKONSILIASI INTERNAL RUTIN) DI DINAS KETAHANAN PANGAN KABUPATEN SUKABUMI
Penyusun : NASRUDIN, SE.
OPD : Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Inovasi dalam aksi perubahan ini sesuai hasil diagnosa organisasi, adalah "SI-INTAN" (REKONSILIASI INTERNAL RUTIN) yakni cara mencocokan data keuangan, berupa penerimaan dan pengeluaran sesuai penggunaan dan pemanfaatan sesuai ketentuan yang berlaku. Rekonsiliasi adalah upaya membandingkan antara rencana dengan realisasi masukan (input), keluaran (output), dan hasil (outcome) dengan menggunakan standar.
OPTIMALISASI PENGELOLAAN DATA DAN INFORMASI KEPEGAWAIAN UPTD RSUD PALABUHANRATU MELALUI APLIKASI “SIDAT RATU” (SISTEM INFORMASI DAN DATA KEPEGAWAIAN RSUD PALABUHANRATU)
Penyusun : NETI SULASTINI, SKM.
OPD : Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Keunggulan dari sistem informasi yang diusulkan yaitu mampu membantu dan mempermudah tugas bagian pengelola pegawai dalam menangani masalah kepegawai terutama proses pembuatan pelaporan administratif kepegawaian seperti data pegawai absensi, jadwal shift, cuti, pegawai pensiun dan pegawai naik pangkat dan SKP pegawai. Serta memudahkan pegawai mengetahui informasi tentang data kepegawaian dikantor dinas tesebut. Sistem informasi ini juga menyediakan request untuk data cuti pegawai pertahunnya.
PENINGKATAN CAPAIAN INDIKATOR STANDAR PELAYANAN MINIMAL PUSKESMAS MELALUI INOVASI TRISULA
Penyusun : dr. BAGUS JATISWARA
OPD : Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Pelaksanaan kegiatan Inovasi ini mendekatkan layanan kepada sasaran beresiko HIV terutama ibu hamil pada wilayah yang jauh akses dari puskesmas dapat dilakukan dengan inovasi TRISULA (Triple elimination screening dan USG lengkapi Antenatal care) yaitu menggabungkan pemeriksaan triple elimination (HIV, sifilis, hepatitis) dengan pemeriksaan USG dan antenatal care di posyandu.
OPTIMALISASI PROSES PERENCANAAN TEKNOKRATIS MELALUI E-TANY (Electronic Technocratic Agriculture oN Priority) PADA DINAS PERTANIAN KABUPATEN SUKABUMI
Penyusun : Rilla Haeruliah, SP
OPD : Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
E-TANY merupakan aplikasi berbasis web tentang sistem pengusulan /pengajuan proposal kegiatan pertanian secara online dengan referensi lokasi prioritas berdasarkan rancangan teknokratis Dinas Pertanian. Aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai kelompok tani/ gapoktan di 47 Kecamatan
yang dapat mengusulkan kegiatan pertanian, informasi mengenai pengembangan-pengembangan kawasan subsector pertanian, informasi kegiatan infrastruktur pertanian, informasi kegiatan alat mesin pertanian dan data teknis setiap subsector pertanian.
PENINGKATAN EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PELAYANAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM) MELALUI GOOGLE SITE DILAMPUAN (DIGITALISASI LAYANAN ADMINISTRASI MASYARAKAT TIDAK MAMPU KECAMATAN) DI KECAMATAN CICANTAYAN KABUPATEN SUKABUMI
Penyusun : RINI INDRIANA, SPd., M.Pd.
OPD : Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Keberhasilan penyelenggaraan pelayanan ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan secara terukur,yaitu membandingkan antara kinerja pelayanan dengan harapan masyarakat.Apabila kinerja dibawah harapan,maka masyarakat akan merasa tidak puas. Dalam rangka meningkatkan efektifitas layanan untuk mendukung peningkatan kualitas kinerja pelayanan maka perlu adanya Inovasi yang dapat mendukung Keadaan pelaksanaan pelayanan administrasi kebutuhkan masyarakat yang belum terlaksana secara efektif,mengacu pada visi–misi Kabupaten Sukabumi.
PENATAAN ADMINISTRASI KEUANGAN MELALUI (DINER-DONASI) DIGITALISASI SCANNER DOKUMEN PERENCANAAN DAN EVALUASI ANGGARAN DI KECAMATAN CISOLOK KABUPATEN SUKABUMI
Penyusun : WAHYU AGUSTIAN,SE.
OPD : Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Model database “Digitalisasi Scanner Dokumen Perencanaan Anggaran” (Diner- Donasi) yang dibuat secara digital ini memuat dokumen perencanaan dan evaluasi pada setiap tahunnya dalam bentuk scanner. Inovasi yang dibuat dalam aksi perubahan ini adalah merupakan hasil adopsi dan adaptasi dari BPKAD Kabupaten Sukabumi. Hal ini memberikan kemudahan akses pencarian data/arsip dokumen seluruh perencanaan dan evaluasi anggaran.
PENINGKATAN TATA KELOLA DOKUMENTASI KINERJA KECAMATAN PALABUHANRATU MELALUI PUSAT INFORMASI DIGITAL PALABUHANRATU (PUNDI RATU)
Penyusun : MAHBUBILLAH, S.Th.I, M.Si.
OPD : Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
Pusat Informasi Digital Palabuhanratu (PUNDI RATU) hadir sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan dokumentasi kinerja Kecamatan Palabuhanratu. Dengan PUNDI RATU, setiap kegiatan, pencapaian, dan keputusan dapat dikumpulkan dan diarsipkan secara terpusat. PUNDI RATU adalah sebuah aplikasi berbasis digital yang berfungsi sebagai Pusat Informasi Digital untuk tata kelola dokumentasi kinerja kecamatan.
OPTIMALISASI PENGELOLAAN DATA KEPEGAWAIAN MELALUI SIKANDA (SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN PARUNGKUDA) DI KECAMATAN PARUNGKUDA
Penyusun : ASMAWATI, SE., M.Si.
OPD : Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi
Pelatihan : PKP Angkatan II Tahun 2024
EXTRACT :
SIKANDA (Sistem Informasi Kepegawaian Parungkuda) adalah sistem informasi yang dapat digunakan untuk memanajemen data kepegawaian yang berbasis Web, sehingga memudahkan dalam mengakses tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu, serta memudahkan dalam integrasi data dengan terbentuknya digitalisasi data administrasi pegawai yang akan memberikan kemudahan dalam penyajian informasi kepegawaian serta pelayanan hak-hak pegawai di Kecamatan Parungkuda.