Pop Indonesia

Instrumentalia Kenny G.

LAPORAN AKTUALISASI  LATSAR CPNS  ANGKATAN  III  TAHUN 2022 

OPTIMALISASI SERAH TERIMA (HANDOVER) PASIEN MELALUI BUSTER OVIEN (BUKU REGISTER OVER PASIEN) DI INSTALASI BEDAH SENTRAL RSUD PALABUHANRATU

Penyusun :   ANGGY RAHADIAN ROMANSYAH, A.Md.Kep

OPD :   RSUD Palabuhanratu - Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :   Pelatihan Dasar CPNS Angkatan III Tahun 2022

Executive Sumary :

Beberapa kendala yang sering ditemukan jika komunikasi tidak efektif antara lain terlambatnya dalam melakukan diagnosa medis dan memungkinkan terjadinya efek samping seperti kejadian nyaris cidera, kejadian tidak diharapkan dan konsekuensi lainnya. Serah terima pasien yang tidak efektif dapat berkontribusi  terhadap  kesalahan  dan  pelanggaran  dalam  keselamatan  perawatan pasien, termasuk; kesalahan pengobatan, salah operasi, dan kematian pasien. Berdasarkan isu  “Kurang optimalnya pelaksanaan serah terima pasien” yang sudah dianalisis faktor penyebabnya menggunakan analisis fishbone, penulis mempunyai gagasan kreatif untuk menyelesaikan isu tersebut yaitu “Optimalisasi  Pelaksanaan  Serah Terima Pasien (Handover) Melalui BUSTER OVIEN (Buku    Regsiter Over Pasien) Di Instalasi Bedah Sentral RSUD Palabuhanratu.”

BACA & DOWNLOAD ...klik disini

PENINGKATAN KEDISIPLINAN PEGAWAI DALAM PELAYANAN KESEHATAN MELALUI PENERAPAN KODE ETIK DAN KODE PERILAKU PUSKESMAS CIAMBAR KABUPATEN SUKABUMI

Penyusun :   ANANDA FUJI

OPD :   UPTD Puskesmas Ciambar - Dinas Kesehatan

Pelatihan :   Pelatihan Dasar CPNS Angkatan III Tahun 2022

Executive Sumary :

Berdasarkan data yang di dapat dari survey kepuasan pasien bahwa masih ada petugas atau pegawai yang kurang disiplin  dalam orientasi pelayanan di Puskesmas Ciambar, Khususnya dalam disiplin waktu. Kemudian  setelah  dilakukan  absensi  via google form dan setelah diterapkan Kode Etik dan Kode  Perilaku Pegawai Puskesmas Ciambar kepuasaan  pasien  jadi  meningkat. Dan karyawan yang datang terlambat pun jadi berkurang sekitar hanya 5 orang yang didapat karyawan yang  terlambat masuk kerja.

BACA & DOWNLOAD ...klik disini

PENINGKATAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM PENCATATAN SESUAI SOP ASUHAN KEPERAWATAN MELALUI MEDIA PAMFLET DI WILAYAH UPTD PUSKESMAS CICANTAYAN KABUPATEN SUKABUMI

Penyusun :   ANITA YUNIAWATI, A.Md.Kep

OPD :   UPTD Puskesmas Cicantayan - Dinas Kesehatan

Pelatihan :   Pelatihan Dasar CPNS Angkatan III Tahun 2022

Executive Sumary :

Beberapa  identifikasi  isu yang  penulis  didapatkan  selama  bekerja  sebagai  perawat  yang  bersatus CPNS di Puskesmas Cicantayan  yaitu  meningkatnya kasus penyakit DBD di wilayah kerja puskesmas Cicantayan, menurunnya kesadaran masyarakat  untuk  memakai  masker  saat  berobat  di pelayanan kesehatan, dan kurangnya kepatuhan perawat dalam melengkapi pencatatan SOP asuhan keperawatan. Gagasan kreatif untuk mengatasi Isu tersebut dengan Meningkatkan kepatuhan perawat dalam melengkapi catatan asuhan keperawatan pada rekam  medis melalui media pamflet di Puskesmas Cicantayan.

BACA & DOWNLOAD ...klik disini

PENINGKATAN PENGETAHUAN MINUM OBAT PADA PASIEN DIABETES MELITUS MELALUI MEDIA  SI-TAK-TIK PE-LA-RI (MEDIA EDUKASI CETAK DAN ELEKTONIK PEMERIKSAAN GULA MANDIRI) DI UPTD PUSKESMAS KALAPANUNGGAL KABUPATEN SUKABUMI

Penyusun :   DELTA SAGARA, A.Md.A.K

OPD :   UPTD Puskesmas Kalapanunggal - Dinas Kesehatan

Pelatihan :   Pelatihan Dasar CPNS Angkatan III Tahun 2022

Executive Sumary :

Kepatuhan menjalani pengobatan sangat diperlukan untuk  mengontrol  gula  darah  serta  mencegah  terjadinya  komplikasi.  Kepatuhan pasien berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pengobatan. Berangkat dari hal tersebut, optimalisasi pemberian edukasi pengetahuan  kepada  para  pasien  diabetes  militus  mengenai  pentingnya disiplin  minum  obat.  Hal  tersebut  dilakukan  dengan  membuat  gagasan kreatif sebagai bentuk aktualisasi nilai-nilai ASN berakhlak

BACA & DOWNLOAD ...klik disini

AKSELERASI PENYERAHAN BERKAS KLAIM PASIEN RAWAT INAP KE RUANG JKN MELALUI MEPELING (METODE PENJEMPUTAN KELILING) DI RSUD SEKARWANGI KABUPATEN SUKABUMI

Penyusun :   DIAN RAHMAWATI, A.Md.Kes

OPD :   RSUD Sekarwangi - Kabupaten Sukabumi

Pelatihan :   Pelatihan Dasar CPNS Angkatan III Tahun 2022

Executive Sumary :

Beberapa  isu  yang  ada  di  ruang  JKN  RSUD  Sekarwangi  Yaitu adanya  keterlambatan  penyerahan  berkas  klaim  pasien  rawat  inap  dari  ruang perawatan  ke  ruang  JKN.  Isu  yang  kedua  yaitu  ketidaklengkapan  berkas  klaim pasien  rawat  inap. Dan  isu  ketiga  yaitu  tidak efektifnya  penyimpanan  berkas pasien rawat inap hasil scan. Dengan  mengacu  pada  kondisi di atas, maka pelaksanaan pelayanan  klaim  JKN  perlu  dilakukan  dengan  cepat,  tepat, transparan serta efektif dan efisien. Dengan demikian, maka gagasan yang diambil  adalah  percepatan  atau  akselrasi  pelayanan  klaim  JKN  yang cepat dan tepat.

BACA & DOWNLOAD ...klik disini